CARA MENGATASI RASA BOSAN SAAT BEKERJA
Siapa pun pasti pernah mengalami
rasa bosan dan jenuh dengan pekerjaan. Entah mereka sudah bertahun-tahun
bekerja atau baru saja masuk ke dalam dunia kerja.
Ada banyak hal yang menyebabkan
seseorang bosan dengan pekerjaannya. Bisa karena monoton, lingkungan kerja yang
tidak kondusif, rekan kerja yang menyebalkan, atau ada masalah pribadi. Lalu
terpikirlah, betapa menyenangkan kalau bekerja di tempat lain.
Tapi, berpindah pekerjaan bukanlah
hal yang gampang. Selain itu belum tentu di tempat yang baru kita akan bebas
dari persoalan yang menyebabkan kebosanan dan kejenuhan. Bisa jadi keluar dari
mulut buaya, masuk ke mulut harimau.
Nah, meski bosan sedang melanda,
Anda harus bersyukur bisa memperoleh pekerjaan. Apalagi saat ini tidak mudah
mencari pekerjaan.
Jadi, lawanlah kebosanan itu dengan
kiat-kiat berikut:
1. Bersikap antusias
Bersikap antusias bisa dilakukan dengan cara kita bekerja “seolah-olah menikmatinya”, sehingga pada waktunya kita benar-benar menikmati pekerjaan tersebut. Hanya saja, kadang kita tidak bisa menikmati karena pekerjaan itu memerlukan waktu lama dan jam kerjanya ketat. Ada cara sederhana untuk mengatasinya, semisal dengan tersenyum atau berdiri tegap ketika merasa lelah.
Bersikap antusias bisa dilakukan dengan cara kita bekerja “seolah-olah menikmatinya”, sehingga pada waktunya kita benar-benar menikmati pekerjaan tersebut. Hanya saja, kadang kita tidak bisa menikmati karena pekerjaan itu memerlukan waktu lama dan jam kerjanya ketat. Ada cara sederhana untuk mengatasinya, semisal dengan tersenyum atau berdiri tegap ketika merasa lelah.
Juga perlu diingat bahwa kita
bukanlah robot. Hanya saja, ketika bekerja pusatkan perhatian sepenuhnya pada
pekerjaan yang sedang kita lakukan. Istirahat dan liburan memang perlu, tapi
jangan dipikir ketika sedang bekerja.
2. Lakukan yang terbaik
Meski pekerjaan tidak menarik, kita harus melakukan yang terbaik. Mengapa? Karena jika kita bekerja asal-asalan maka pekerjaan akan bertumpuk. Kalau sudah begitu, kita semakin terbebani dan ada kemungkinan melakukan kesalahan. Salah berarti kita harus bekerja dua kali atau lebih, sehingga kita menjadi jengkel yang bisa-bisa bermuara ke stres.
Meski pekerjaan tidak menarik, kita harus melakukan yang terbaik. Mengapa? Karena jika kita bekerja asal-asalan maka pekerjaan akan bertumpuk. Kalau sudah begitu, kita semakin terbebani dan ada kemungkinan melakukan kesalahan. Salah berarti kita harus bekerja dua kali atau lebih, sehingga kita menjadi jengkel yang bisa-bisa bermuara ke stres.
Jadi, dengan menyelesaikan suatu
pekerjaan tepat waktu dan memberi prioritas kepada pekerjaan yang terpenting,
maka kita bisa memiliki waktu lebih. Menurut buku The Joy of Working, pekerjaan
yang diselesaikan dengan baik akan menghasilkan kepuasan batin. Untuk
memperbaiki mutu pekerjaan, kita bisa menetapkan standar dan tujuan baru agar
bisa mengungguli diri kita sendiri.
3. Memperindah pekerjaan kita
Biasanya pekerjaan yang kita terima dari atasan disertai dengan rangka berisi aturan dan pedoman. Jika kita melakukan pekerjaan tersebut sesuai juklak, maka tidak ada sentuhan pribadi kita pada pekerjaan tersebut. Adanya sentuhan pribadi akan membuat pekerjaan jauh lebih menarik. Karena bersifat pribadi, maka tidak ada aturan baku untuk hal itu. Setiap orang memiliki cara tersendiri dalam memperindah sesuatu. Misalnya, agar bisa menikmati pekerjaannya, seorang pelayan senang menghapal pesanan pelanggan tetap, sementara yang seorang mungkin bersikap lebih baik dan sopan.
Biasanya pekerjaan yang kita terima dari atasan disertai dengan rangka berisi aturan dan pedoman. Jika kita melakukan pekerjaan tersebut sesuai juklak, maka tidak ada sentuhan pribadi kita pada pekerjaan tersebut. Adanya sentuhan pribadi akan membuat pekerjaan jauh lebih menarik. Karena bersifat pribadi, maka tidak ada aturan baku untuk hal itu. Setiap orang memiliki cara tersendiri dalam memperindah sesuatu. Misalnya, agar bisa menikmati pekerjaannya, seorang pelayan senang menghapal pesanan pelanggan tetap, sementara yang seorang mungkin bersikap lebih baik dan sopan.
4. Teruslah belajar
Menurut buku Tension Turnaround, otak meningkatkan kapasitasnya untuk memproses informasi seraya kita bertumbuh. Untuk itu kita harus memuaskan keinginan otak kita akan informasi baru dengan mempelajari hal-hal baru. Dengan belajar tentang pekerjaan, kita akan sangat terbantu dalam membuat pekerjaan menjadi lebih menarik dan memuaskan. Hal itu karena belajar bisa meningkatkan rasa percaya diri dan kesanggupan kita serta mempengaruhi sikap secara umum terhadap kehidupan.
Menurut buku Tension Turnaround, otak meningkatkan kapasitasnya untuk memproses informasi seraya kita bertumbuh. Untuk itu kita harus memuaskan keinginan otak kita akan informasi baru dengan mempelajari hal-hal baru. Dengan belajar tentang pekerjaan, kita akan sangat terbantu dalam membuat pekerjaan menjadi lebih menarik dan memuaskan. Hal itu karena belajar bisa meningkatkan rasa percaya diri dan kesanggupan kita serta mempengaruhi sikap secara umum terhadap kehidupan.
Banyak hal yang bisa kita pelajari,
terutama yang tidak secara langsung berhubungan dengan pekerjaan. Misalnya
hubungan antarmanusia, tentang peralatan pekerjaan kita, cara menulis memo
kantor yang lebih baik, memimpin rapat yang lebih efektif, atau cara yang lebih
baik dalam berurusan dengan atasan. Untuk mempelajari hal itu mungkin
perusahaan tempat kita bekerja memiliki anggaran khusus untuk pelatihan semacam
itu. Jika tidak, mengapa tidak memanfaatkan perpustakaan yang ada di kantor?
Bisa jadi ada buku-buku yang kita butuhkan.
Belajar juga bisa melalui pengalaman
orang lain. Kita bisa mengamati rekan sekerja mengenai kekuatan dan kelemahan
yang bisa kita jadikan bahan pelajaran. Bahkan dengan belajar dari kesalahan
atau keberhasilan kita sendiri, kemudian menganalisisnya sehingga bisa
melakukan hal-hal yang tepat di kemudian hari. Dengan melakukan hal ini, kita
bisa memperoleh pelajaran yang tidak mungkin bisa kita dapatkan di sekolah
ataupun dengan membaca.
Itulah beberapa hal yang bisa
dilakukan dalam memerangi rasa bosan terhadap pekerjaan. Singkirkan pikiran
negatif yang bisa membuat liburan kita terbebani oleh pekerjaan. Jangan
memikirkan kegagalan di masa lalu sembari mencemaskan pendapat orang tentang
diri kita.
Berikan perhatian penuh pada pekerjaan,
menjadi asyik dengannya, dan melakukan upaya yang terbaik sehingga kita bisa
merasakan suatu kegembiraan karena telah menyelesaikan pekerjaan kita.
0 komentar:
Posting Komentar
keajaiban adalah suatu hal yang nyata,.
keajaiban terjadi pada setiap manusia,.
dan manusia memiliki keajaibannya masing-maasing..
lakukan yangterbaik serta temukanlah keajaiban dihidupmu..